Analisis kekuatan dan kelemahan pesaing

image

Menurut perusahaan konsultan Arthur D.Little sebuah perusahaan akan menempati satu di antara enam posisi kompetitif di dalam pasar sasaran. Pertama, dominan, perusahaan ini mengendalikan perilaku pesaing yang lain dan memiliki pilihan strategis yang luas.

Kedua, kuat, perusahaan ini bisa mengambil tindakan mandiri tanpa membahayakan posisi jangka panjangnya dan dapat mempertahankan posisi jangka panjangnya apa pun tindakan yang dilakukan oleh pesaing.

Ketiga, cukup baik, perusahaan ini memiliki kekuatan yang bisa dimanfaatkan dan peluang yang ada diatas rata-rata untuk meningkatkan posisinya.

Keempat, cukup, perusahaan ini memiliki kinerja pada tingkat yang cukup untuk mencapai hasil memuaskan yang bisa terus mempertahankan dalam bisnis. Namun, perusahaan ini ada karena dibiarkan oleh perusahaan yang dominan dan memiliki peluang dibawah rata-rata untuk ada meningkatkan posisinya.

Kelima, lemah, perusahaan ini harus berubah atau kalau tidak, keluar dari pasar.

Keenam, tidak berpeluang, perusahaan ini memiliki kinerja yang tidak memuaskan dan tak ada peluang untuk memperbaiki.

Secara umum, setiap perusahaan harus memantau tiga variabel ketika menganalisis para pesaingnya: pertama pangsa pasar (share of market), pangsa pesaing atas pasar sasaran. Kedua,  pangsa ingatan (share of mind), persentase pelanggan yang menyebut nama pesaing dalam menanggapi pertanyaan, “sebutkanlah perusahaan pertama di industri ini yang ada dalam pikiran anda”. Ketiga, pangsa hati (share of heart), persentase pelanggan yang menyebut nama pesaing dalam menanggapi pertanyaan “sebutkanlah perusahaan yang produknya lebih anda sukai untuk dibeli”.

Wed, 4 Oct 2017 @14:34

Copyright © 2019 PT. BINA MANAJEMEN GLOBAL · All Rights Reserved
powered by sitekno