Kerangka Rencana Usaha

image

1)      Nama perusahaan Nama yang diberikan sebaiknya jangan hanya mementingkan factor yangs edang hangat pada saat ini melainkan lebih berorientasi ke masa depan. Canon dan Wichert menyatakan ciri-ciri merek yang baik adalah:
1.      Short-pendek

2.      Simple-sederhana

3.      Easy to spell-mudah dieja

4.      Easy to remember-mudah diingat

5.      Pleasing when read-enak dibaca

6.      No disagreeble sound-tak ada nada sumbang

7.      Does not go out of date-tak ketinggalan zaman

8.      Ada hubungan dengan barang dagangan

9.      Bila diekspor gampang dibaca oleh orang luar negeri

10.  Tidak menyinggung perasaan kelompok/orang lain atau tidak negative

11.  Membayangkan apa produk itu atau memberi sugesti penggunaan produk tersebut.

2)      Lokasi Lokasi perusahaan Ada dua hal penting menyangkut lokasi yang akan dipilih, yaitu:

1.      Lokasi perkantoran, disebut tempat kedudukan berarti tempat (kantor) badan usaha, biasanya mengelola perusahaan yang berada ditempat lain.

2.      Lokasi perusahaan, disebut tempat kediaman berarti tempat perusahaan beroperasi.


Lokasi pertokoan

Umumnya lokasi pertokoan harus diingat bahwa konsumen untuk belanja ke toko atau ke lokasi yang mempunyai banyak jenis dan persediaan barang dagangan dan memiliki reputasi sebagai lokasi yang memilikibarang bermutu dan barang bersaing.


Lokasi pabrik/industri

Ada dua hal utama yang harus diperhatikan dalam memilih lokasi pabrik/industri yang baik, yakni:

1.      Backward linkage,berarti pertalian belakang, yaitu bagaimana sumber daya (resources) yang akan digunakan. Ini termasuk bahan baku, tenaga kerja, suasana dan kondisi masyarakat setempat.

2.      Forward linkage, berarti pertalian ke depan, yaitu daerah pemasaran hasil produksi. Apakah tersedia konsumen yang cukup untuk menyerap hasil produksi.

 

3)      Komoditi yang akan diusahakan

Kesempatan memilih komoditi yang diusahakan dapat mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

a.       Membanjirnya permintaan masyarakat terhadap jenis-jenis hasil usaha tertentu, baik berupa barang-barang ataupun jasa.

b.      Teridentifikasinya kebutuhan tersembunyi masyarakat akan barang-barang atau jasa tertentu.

c.       Kurangnya saingan dalam bidang usaha yang ingin kita kerjakan.

d.      Adanya kemampuan yang meyakinkan untuk bersaing usaha dengan orang lain dalam mengembangkan suatu bidang usaha yang sama.

e.       (Drs. Wasty Soemanto, 1992:224)

 

4)      Konsumen yang dituju

Prospek konsumen didasarkan atas bentuk usaha dan jenis usahanya. Jika jenis usaha berbentuk industry tentu jangkauan konsumen yang akan dituju lebih jauh dibandingkan dengan usaha bentuk pertokoan.

 

5)      Pasar yang akan dimasuki

Sebuah perusahaan yang akan memasuki pasar akan menempatkan perusahaannya sebagai pemimpin pasar (market leader), penantang pasar (market challenger), pengikut pasar (market follower), atau perelung pasar (market nicher).

 

6)      Partneryang akan diajak kerjasama

Partnership merupakan suatu asosiasi atau persekutuan dua orang atau lebih untuk menjalankan suatu usaha mencari keuntungan. Ada dua macam partnership yakni: a.       General partnership, dimana semua anggota ikut secara aktif mengoperasikan bisnis sama-sama bertanggungjawab, termasuk tanggung jawab yangb tidak terbatas terhadap utang-utang bisnis.

b.      Limited partnership, dimana memiliki anggota sekurang-kurangnya satu orang yang bertanggungjawab tidak terbatas dan anggota lainnya bertanggung jawab terbatas. Dan masih banyak bentuk partnership lainnya seperti secret partner, silent partner, nominal partner, general partner, senior partner, yunior partner, dan lain-lain.

 

7)      Personil yang dipercaya untuk menjalankan perusahaan Memilih personil yang dipercaya menyangkut masalah karakter, kejujuran, dan kemampuan seseorang.

 

8)      Jumlah modal yang diharapkan dan yang tersedia Jika modal sangat kecil dapat dilakukan kerjasama dengan partner, yang masing-masing menyetorkan modalnya. Semua sumber  dan kemampuan pengumpulan modal ini harus ditulis. Modal juga bisa didapat dari tabungan, menjual harta, atau pinjaman dari orangtua dan family maupun pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya.



Wed, 4 Oct 2017 @14:04

Copyright © 2019 PT. BINA MANAJEMEN GLOBAL · All Rights Reserved
powered by sitekno